Selasa, 16 September 2014

Tutorial Instalasi Web Server

Tidak seperti kode HTML yang dapat langsung berjalan di dalam web browser, untuk menjalankan halaman PHP, anda setidaknya membutuhkan 3 buah program, yakni: 1. Aplikasi PHP itu sendiri, 2. Aplikasi web server, dan 3. Aplikasi web browser yang pasti sudah terinstal di komputer kamu. Web server adalah aplikasi tempat PHP berjalan. Saat ini web server yang sering digunakan adalah Apache yang bersifat open source. Pada tutorial ini saya akan menggunakan XAMPP dimana sudah ada PHP dan MySQL didalamnya.

XAMPP adalah singkatan dari aplikasi dalam bundelnya, yaitu: X (berarti cross-platform, maksudnya tersedia dalam berbagai Sistem Operasi), Apache HTTP Server, MySQL, PHP dan Perl. Dengan mengisntall XAMPP, secara tidak langsung kita telah menginstall keempat aplikasi tersebut. Hal pertama yang dilakukan adalah pastikan kita punya aplikasi installer XAMPP lalu double click pada file tersebut.


Setelah itu akan keluar tampilan seperti gambar diatas, kita disuruh memilih bahasa yang akan digunakan dalam proses instalasi. setelah itu klik ok.
klik next.


Akan muncul tampilan "Choose Components" seperti dibawah yg menunjukan komponen apa saja yang akan kita instal, lalu klik next.



setelah itu akan muncul tampilan "Choose Install Location" disini kita bisa ubah folder instalasi selain direktori C. lalu klik Instal dan tunggu sampai proses instalasi selesai.



klik Yes jika mau membuka XAMPP Control Panel, dimana kita bisa mengkonfigurasi web server yang akan kita gunakan.


Aplikasi web server XAMPP sudah berhasil diinstall. Untuk test apakah XAMPP bisa berjalan langsung saja klik Start pada action Apache .


jika firewall terpasang dalam komputer anda, akan muncul jendela peringatan untuk membolehkan web server Apache berjalan melewati firewall. Pastikan untuk melewatkan web server Apache tersebut dengan mencentang checklist yang tersedia, lalu klik Allow access.


Selanjutnya buka kembali XAMPP nya dan klik Admin pada action Apache maka akan muncul halaman XAMPP pada web broowser kamu seperti dibawah ini.


XAMPP telah berhasil diinstall dan diuji coba, sekian dulu tutorial instalasi web server menggunakan XAMPP.

Terima Kasih :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Designed By Blogger Templates, and Customized By Ilham